IZEA, perusahaan periklanan internet asal Florida yang membidani lahirnya program Pay Per Post (paid blogging) pada 2009 membikin program kerjasama periklanan baru, namun menggunakan Twitter dan penggunanya sebagai media mempromosikan produk pengiklan (advertiser). Program tersebut bernama Sponsored Tweets.
Sponsored Tweets menghubungkan pengiklan dengan pengguna Twitter yang menjadi member mereka. Jika ada pengiklan yang tertarik untuk memasang iklan dalam bentuk tweet melalui akun Twitter anda, sponsored Tweets akan menghubungi anda melalui email. Jika anda tertarik, tinggal login ke Sponsored Tweets dan melakukan langkah-langkah yang diinstruksikan. Setelah beberapa waktu, iklan tersebut akan muncul sebagai tweet, dan anda memperoleh bayaran sesuai tarif yang disepakati.
Besarnya tarif per tweet bervariasi, tergantung pada jumlah follower dan pengaruh yang anda miliki di Twitter. Semakin banyak jumlah follower, semakin tinggi tarif yang dapat anda minta kepada pengiklan yang ingin beriklan melalui tweet anda. Setting tarif paling rendah adalah $0.1 per tweet. Namun jika anda memiliki, katakanlah 100 follower, anda dapat menuntut bayaran setidaknya $1.00 (satu dollar) per tweet. Lumayan bukan?
Member Sponsored Tweets bukan cuma pengguna Twitter biasa. Banyak selebriti Hollywood yang juga menjadi anggota mereka, antara lain Kim Kardashian, Holly Madison (Playboy Playmate), Heidi Montag, dan Ray J. Tarifnya tentu lain dengan tarif tweeps biasa. Heidi Montag sebagai contoh, memiliki 1,1 juta follower, dan tarifnya $3,529.50 alias tiga puluh juta rupiah lebih per tweet. Hmm ..
Untuk bergabung dengan Sponsored Tweets, anda tinggal sign up menggunakan akun Twitter anda dan klik tombol "allow" untuk mengijinkan aplikasi Sponsored Tweets mengakses akun Twitter anda. Namun harap diingat, akun Twitter anda harus berumur minimal dua bulan dan memiliki minimal 50 follower. Lebih bagus lagi jika follower tersebut berasal dari negara-negara yang menjadi target pasar pengiklan (baca: berasal dari Amerika atau Eropa).
Sponsored Tweets juga mempersyaratkan full disclosure, artinya anda harus secara jujur dan transparan menyatakan kepada follower anda bahwa tweet tersebut adalah iklan, dengan menambahkan kata "sponsored", "advertisement", atau hashtag #ad pada tweet iklan anda. Hal ini untuk menjaga kredibilitas, sekaligus menghindari kesan bahwa anda mengelabui follower anda atau melakukan spamming.
Sign up di Sponsored Tweets
Sponsored Tweets menghubungkan pengiklan dengan pengguna Twitter yang menjadi member mereka. Jika ada pengiklan yang tertarik untuk memasang iklan dalam bentuk tweet melalui akun Twitter anda, sponsored Tweets akan menghubungi anda melalui email. Jika anda tertarik, tinggal login ke Sponsored Tweets dan melakukan langkah-langkah yang diinstruksikan. Setelah beberapa waktu, iklan tersebut akan muncul sebagai tweet, dan anda memperoleh bayaran sesuai tarif yang disepakati.
Besarnya tarif per tweet bervariasi, tergantung pada jumlah follower dan pengaruh yang anda miliki di Twitter. Semakin banyak jumlah follower, semakin tinggi tarif yang dapat anda minta kepada pengiklan yang ingin beriklan melalui tweet anda. Setting tarif paling rendah adalah $0.1 per tweet. Namun jika anda memiliki, katakanlah 100 follower, anda dapat menuntut bayaran setidaknya $1.00 (satu dollar) per tweet. Lumayan bukan?
Member Sponsored Tweets bukan cuma pengguna Twitter biasa. Banyak selebriti Hollywood yang juga menjadi anggota mereka, antara lain Kim Kardashian, Holly Madison (Playboy Playmate), Heidi Montag, dan Ray J. Tarifnya tentu lain dengan tarif tweeps biasa. Heidi Montag sebagai contoh, memiliki 1,1 juta follower, dan tarifnya $3,529.50 alias tiga puluh juta rupiah lebih per tweet. Hmm ..
Untuk bergabung dengan Sponsored Tweets, anda tinggal sign up menggunakan akun Twitter anda dan klik tombol "allow" untuk mengijinkan aplikasi Sponsored Tweets mengakses akun Twitter anda. Namun harap diingat, akun Twitter anda harus berumur minimal dua bulan dan memiliki minimal 50 follower. Lebih bagus lagi jika follower tersebut berasal dari negara-negara yang menjadi target pasar pengiklan (baca: berasal dari Amerika atau Eropa).
Sponsored Tweets juga mempersyaratkan full disclosure, artinya anda harus secara jujur dan transparan menyatakan kepada follower anda bahwa tweet tersebut adalah iklan, dengan menambahkan kata "sponsored", "advertisement", atau hashtag #ad pada tweet iklan anda. Hal ini untuk menjaga kredibilitas, sekaligus menghindari kesan bahwa anda mengelabui follower anda atau melakukan spamming.
Sign up di Sponsored Tweets
Komentar
Posting Komentar