Langsung ke konten utama

Solusi Penyimpanan dan Berbagi File Online 4shared

Anda memiliki file-file penting berupa data spreadsheet, dokumen teks, video, mp3, gambar/foto, pdf ebook, atau berbagai format digital lain yang ingin anda simpan secara aman sebagai backup, mengirimkan link downloadnya kepada seseorang, atau bahkan membagikan file-file tersebut kepada banyak orang sekaligus? Jika ukuran file-file tersebut tidak terlalu besar, anda dapat mengirimkannya melalui email sebagai attachment. Namun bagaimana jika ukuran file tersebut mencapai, katakanlah, 1 GB?

Jalan paling praktis untuk berbagi file sebesar itu adalah menggunakan layanan file-hosting alias layanan penyimpanan data atau file secara virtual di internet, yang memungkinkan data tersebut diakses dari manapun di seluruh dunia, oleh siapapun yang mendapat akses dari pemilik data tersebut.

Ada banyak layanan file-hosting di internet. Beberapa yang besar dan populer adalah Rapidshare, 4shared, Box.net, MediaFire, atau Megaupload. Namun yang akan saya bahas secara khusus melalui tulisan ini adalah layanan 4shared.

4shared adalah layanan file-hosting yang didirikan pada 2005 dan berbasis di Kiev, Ukraina. 4shared merupakan official trademark dari New IT Solutions Ltd, perusahaan yang dimiliki oleh Alex Lunkov & Sergey Chudnovsky. Sebagai salah satu layanan file-hosting terbesar di dunia, 4shared menghandle transfer data sebesar 317 terabytes per hari, dan melayani sebelas juta pengguna secara simultan.

Logo 4shared4shared beroperasi sebagai layanan berbasis web yang dapat diakses melalui web browser, aplikasi desktop (4shared desktop tool) untuk Windows, atau melalui ponsel-ponsel berbasis Symbian dan iPhone. Pengguna yang telah melakukan registrasi dan mendapatkan akun pribadi di 4shared akan memperoleh jatah ruang penyimpanan virtual pada server mereka, yang kapasitasnya berbeda antara member gratisan dengan premium.

Lantas apa perbedaan antara versi layanan gratis dengan premium 4shared? Banyak. Yang jelas fitur-fitur dan kualitas layanan yang diberikan jauh berbeda. Berikut beberapa perbandingan layanan versi gratis dengan layanan premium 4shared:

Kapasitas penyimpanan file
- Gratis: 10 GB
- Premium: 100 GB (sepuluh kali lipat)

Ukuran maksimum file yang dapat diunggah/upload
- Gratis: 200 MB (jika lebih besar dari 200 MB, file harus di-split dahulu menjadi beberapa file)
- Premium: 5 GB (25 kali lipat)

Prioritas download
- Gratis: rendah
- Premium: tinggi (pengguna premium mendapatkan prioritas kecepatan download yang lebih tinggi dari pengguna gratisan)

Lalu-lintas premium (jumlah data yang dapat diunduh/download dengan fitur premium)
- Gratis: -
- Download: 100 GB

Selain perbandingan di atas, pengguna premium juga memperoleh hak istimewa lain yang tidak terdapat pada versi gratisan, meliputi:

- halaman akun pribadi dan halaman download yang bebas dari tampilan iklan
- link khusus untuk download manager atau memasang file ke halaman web
- kemampuan untuk mengunggah/upload file dari web (misalnya file yang telah ditempatkan di layanan file-hosting lain, sehingga anda tidak perlu repot-repot mengunggah ulang file tersebut dari komputer anda)
- download file secara instan. Tidak perlu menunggu beberapa saat (waiting restriction)
- dapat men-download file menggunakan download manager. Dengan download manager kita dapat menghentikan sementara proses download (misalnya karena ukuran file terlalu besar untuk sekali unduh), dan dapat dilanjutkan kembali kapanpun anda inginkan.


Pengguna baik gratisan maupun premium akan memiliki ruang file manager dengan tampilan yang sepintas mirip Windows Explorer. Melalui file manager tersebut mereka dapat melakukan manajemen file seperti membuat folder dan subfolder, menempatkan file-file ke dalam folder yang diinginkan, hingga menerapkan hak akses dan memproteksi folder dengan password.

Penerapan hak akses memungkinkan anda mengelompokkan folder mana yang boleh diakses secara umum, dan file/folder mana yang hanya boleh diakses secara terbatas atau untuk kepentingan pribadi. Penambahan password akan makin memperkuat pengamanan folder tersebut. Pada folder-folder yang diberi pengamanan khusus dan pembatasan hak akses, hanya pengunjung yang diberi akses melalui link yang dikirim via email yang dapat dapat mengakses folder tersebut.

Layanan premium 4shared lebih ditujukan buat heavy user baik personal maupun perusahaan yang ingin memiliki sarana penyimpanan file dan dokumen digital secara virtual yang aman, namun mengingat faktor efisiensi biaya dan waktu tidak sanggup memiliki fasilitas datacenter sendiri. Layanan 4shared premium berguna buat mereka yang ingin:

1. Memiliki backup/cadangan data untuk menghindari hilangnya data penting perusahaan pada situasi buruk seperti bencana alam, ancaman sabotase/kerusuhan, kerusakan/perusakan/pencurian komputer dan harddisk/server yang ditempatkan di rumah atau kantor, dan sebagainya.
2. Mengurangi trafik jaringan internal dan pemakaian bandwidth. Meng-outsource-kan sebagian trafik kirim/unduh dokumen ke layanan kolokasi alias file-hosting membuat trafik jaringan internal menjadi lebih lapang untuk keperluan lain.

Melalui layanan ko-lokasi data seperti 4shared, kebutuhan akan infrastruktur yang feasible, fasilitas penyimpanan digital yang aman dengan staf IT berpengalaman, dan sarana pendukung seperti komunikasi, bandwidth, ASP, dan content provider, akan diperoleh para pengguna premium. Pengguna mendapatkan fasilitas pusat data layaknya enterprise dengan harga berlangganan yang jauh lebih murah daripada mengelola pusat data sendiri, sembari tetap berkonsentrasi pada bisnis inti mereka sendiri.

Join 4Shared Now!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Jauh Seekor Kuda Mampu Berlari?

Pertanyaan itu selalu menggelayut setiap kali menonton film-film western macam Dances with Wolves , di mana para penunggang - baik kulit putih maupun indian - memperlakukan kuda tunggangannya bak sepeda motor bermesin saja, memacunya melintasi prairi yang lebarnya berpuluh kilometer. Bagaimanapun kuda adalah makhluk hidup, bukan mesin yang bisa dijalankan semaunya. Mereka dapat menjadi lelah dan butuh istirahat. Yang membedakan kuda dengan kebanyakan mamalia lain adalah endurance mereka yang luar biasa. Berikut beberapa fakta tentang daya tahan fisik seekor kuda yang luar biasa, saya kutip dari the Ultimate Horse Site . Rekor klasik - Pada 1889, Dimitri Peshkov melakukan perjalanan panjang dengan kudanya sejauh 5.500 mil dari Albanzinski, Siberia, menuju St. Petersburg - Kuda Akhal-Teke yang merupakan peranakan dari Turkmenistan, dikenal sebagai kuda dengan daya tahan yang prima. Pada 1935, 38 penunggang kuda Akhal Teke menempuh 2.600 mil dari Ashkabad ke Moskow, 215 mil diantaranya m

Tips Memilih Kursi Ergonomis Untuk Bekerja Nyaman di Depan Komputer

Karakteristik pekerjaan yang mengharuskan penggunaan komputer sebagai peralatan kerja membuat para karyawan kantoran, penulis, programmer, hingga pekerja kreatif seperti web designer atau digital artist menghabiskan sebagian besar jam sibuk mereka duduk di depan layar komputer meja ( PC desktop ) atau laptop. Namun di sisi lain berlama-lama duduk statis di depan layar bukanlah aktivitas yang sehat. Karena itu, untuk mencegah efek buruk terhadap kesehatan seperti sakit punggung ( back pain ), cedera karena tekanan terus-menerus (repetitive stress injuries ), dan sakit leher, kita harus melakukan upaya untuk membuat suasana berkomputasi menjadi seergonomis mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan kursi kerja berkaidah ergonomik. Menurut artikel TWiki yang dipublikasikan oleh situs web Richmond University , Kata ergonomi berasal bahasa Yunani; ergo = bekerja dan nomos = ilmu tentang. Maka ergonomi secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai ilmu tentang segala aspek kegiatan

Di Balik Bullet Time, Efek Visual The Matrix (1999)

Sekarang mungkin terlihat biasa saja, bahkan terkesan sebagai efek visual 'pasaran' saking seringnya digunakan. Namun ketika The Matrix muncul pada 1999 dengan kejutan efek bullet time yang mampu menghadirkan adegan super slow motion saat Neo (Keanu Reeves) menghindari peluru yang ditembakkan ke arahnya sembari kamera bergerak memutari dirinya, adegan tersebut membikin penonton terpesona. The Matrix bahkan memicu trend penggunaan efek bullet time pada film-film layar lebar lain, kartun, iklan televisi, klip musik, hingga video-video parodi. Bullet time, sering disebut juga dengan virtual camera movement effect , adalah teknik simulasi kecepatan variabel yang diperkaya secara digital, yang memiliki dua karakteristik. Pertama adalah permutasi ekstrem atas waktu sehingga mampu menampilkan adegan super lambat suatu obyek - yang karena kecepatan geraknya - tidak mungkin difilmkan secara konvensional, misalnya gerakan peluru yang ditembakkan menuju sasaran, dan kedua , kemampuan