Langsung ke konten utama

Merambah Pasar Periklanan Mobile, Google Secara Resmi Mengakuisisi AdMob

Dalam dua tahun terakhir Google mobile search mengalami pertumbuhan drastis hingga lima kali lipat. Data yang dimiliki Google juga memperlihatkan bahwa pada triwulan pertama 2010 saja, pengguna smartphone yang menggunakan browser berbasis Webkit (yang terdapat pada perangkat Android, iPhone, dan Palm Pre) melakukan pencarian hingga 62 persen lebih banyak dari triwulan sebelumnya.

Logo AdMobJelas, kenyataan tersebut membikin "ngiler" siapa saja yang menjalankan bisnis di dunia maya, tak terkecuali Google yang bisnis periklanannya menempel pada hasil pencarian mereka. Dan untuk alasan itulah Google akhirnya secara resmi mengakuisisi AdMob, perusahaan mobile advertising terkemuka, pada 27 Mei 2010 kemarin.

Akuisisi AdMob memungkinkan Google mengintegrasikan sumberdaya dan teknologi inovatif yang dimiliki AdMob untuk memasuki pasar periklanan situs wap (mobile websites) dan aplikasi bergerak (mobile applications), selain tentunya memperkaya hasil pencarian mobile mereka sendiri.

Google juga tengah mengembangkan format periklanan via ponsel yang baru, misalnya “Click-to-call”, yakni format iklan mobile yang tengah populer di mana pengiklan dapat menambahkan link usaha setempat (local business) atau nomor telepon yang dapat diklik pada teks iklan mereka. Dengan format iklan ini, Si Budi yang sedang bepergian ke suatu kota yang asing dan bingung mencari hotel di kota tersebut dapat melakukan pencarian dengan Google melalui ponselnya, lalu menemukan iklan yang dipasang oleh sebuah penginapan lokal, berisi nomor telepon yang dapat dihubungi. Jika tertarik, Budi dapat langsung mengklik nomor telepon pada iklan tersebut dan seketika terhubung dengan resepsionis hotel yang bersangkutan untuk memesan kamar ...

Akhirnya si Budi dapat kamar, si hotel dapat pelanggan, dan Google memperoleh penghasilan dari klik iklannya .. Simbiosis mutualisme yang luar biasa kreatif.

Selain pencarian, pasar iklan pada perangkat bergerak (mobile advertising) yang digarap Google melalui AdMob adalah situs web mobile dan aplikasi bergerak yang tersedia melalui Apple’s App Store (untuk iPhone), Android Marketplace (untuk ponsel-ponsel berbasis Android), dan sebagainya. Sebelum dibeli oleh Google, AdMob telah mengembangkan sejumlah format iklan untuk Android dan iPhone apps, misalnya expandable rich media ads dan interactive video ad units.

Well. Doubleclick buat pangsa desktop telah dikuasai. AdMob buat pasar mobile telah dibeli. Ruang iklan pada situs-situs web dan wap pihak ketiga yang kosong telah sesak terisi iklan-iklan Google melalui kerjasama bisnis via Google AdSense. Google TV untuk pasar periklanan televisi juga tengah digarap. Jangan kaget jika suatu saat kelak Google akan menampilkan iklan langsung ke otak anda, apabila alat komunikasi elektronik berukuran mikro yang dapat langsung ditanamkan ke otak manusia telah ditemukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berapa Jauh Seekor Kuda Mampu Berlari?

Pertanyaan itu selalu menggelayut setiap kali menonton film-film western macam Dances with Wolves , di mana para penunggang - baik kulit putih maupun indian - memperlakukan kuda tunggangannya bak sepeda motor bermesin saja, memacunya melintasi prairi yang lebarnya berpuluh kilometer. Bagaimanapun kuda adalah makhluk hidup, bukan mesin yang bisa dijalankan semaunya. Mereka dapat menjadi lelah dan butuh istirahat. Yang membedakan kuda dengan kebanyakan mamalia lain adalah endurance mereka yang luar biasa. Berikut beberapa fakta tentang daya tahan fisik seekor kuda yang luar biasa, saya kutip dari the Ultimate Horse Site . Rekor klasik - Pada 1889, Dimitri Peshkov melakukan perjalanan panjang dengan kudanya sejauh 5.500 mil dari Albanzinski, Siberia, menuju St. Petersburg - Kuda Akhal-Teke yang merupakan peranakan dari Turkmenistan, dikenal sebagai kuda dengan daya tahan yang prima. Pada 1935, 38 penunggang kuda Akhal Teke menempuh 2.600 mil dari Ashkabad ke Moskow, 215 mil diantaranya m

Tips Memilih Kursi Ergonomis Untuk Bekerja Nyaman di Depan Komputer

Karakteristik pekerjaan yang mengharuskan penggunaan komputer sebagai peralatan kerja membuat para karyawan kantoran, penulis, programmer, hingga pekerja kreatif seperti web designer atau digital artist menghabiskan sebagian besar jam sibuk mereka duduk di depan layar komputer meja ( PC desktop ) atau laptop. Namun di sisi lain berlama-lama duduk statis di depan layar bukanlah aktivitas yang sehat. Karena itu, untuk mencegah efek buruk terhadap kesehatan seperti sakit punggung ( back pain ), cedera karena tekanan terus-menerus (repetitive stress injuries ), dan sakit leher, kita harus melakukan upaya untuk membuat suasana berkomputasi menjadi seergonomis mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan kursi kerja berkaidah ergonomik. Menurut artikel TWiki yang dipublikasikan oleh situs web Richmond University , Kata ergonomi berasal bahasa Yunani; ergo = bekerja dan nomos = ilmu tentang. Maka ergonomi secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai ilmu tentang segala aspek kegiatan

Di Balik Bullet Time, Efek Visual The Matrix (1999)

Sekarang mungkin terlihat biasa saja, bahkan terkesan sebagai efek visual 'pasaran' saking seringnya digunakan. Namun ketika The Matrix muncul pada 1999 dengan kejutan efek bullet time yang mampu menghadirkan adegan super slow motion saat Neo (Keanu Reeves) menghindari peluru yang ditembakkan ke arahnya sembari kamera bergerak memutari dirinya, adegan tersebut membikin penonton terpesona. The Matrix bahkan memicu trend penggunaan efek bullet time pada film-film layar lebar lain, kartun, iklan televisi, klip musik, hingga video-video parodi. Bullet time, sering disebut juga dengan virtual camera movement effect , adalah teknik simulasi kecepatan variabel yang diperkaya secara digital, yang memiliki dua karakteristik. Pertama adalah permutasi ekstrem atas waktu sehingga mampu menampilkan adegan super lambat suatu obyek - yang karena kecepatan geraknya - tidak mungkin difilmkan secara konvensional, misalnya gerakan peluru yang ditembakkan menuju sasaran, dan kedua , kemampuan