Misteri terbesar buat para publisher AdSense akhirnya terkuak. Setelah sekian lama menutup rapat-rapat informasi terkait pembagian pendapatan AdSense, akhirnya Google membukanya kepada publik. Melalui posting di blog resmi Google AdSense, Neal Mohan, Vice President dan Product Management Google mengumumkan hal itu.
Berdasarkan informasi resmi revenue share tersebut, diketahui bahwa untuk kategori AdSense for content (unit-unit iklan Google yang ditampilkan pada situs publisher), publisher menerima bagi hasil 68%, dan sisanya sebanyak 32% menjadi bagian Google. Sementara untuk AdSense for search (kotak pencarian Google yang ditempatkan pada situs-situs publisher), publisher menerima 51% revenue share dan Google 49%. Terjemahan simpel dari angka-angka tersebut adalah, untuk setiap $100 nilai iklan yang terpampang di situs anda, $68 adalah milik anda, dan sisanya $32 menjadi bagian Google sebagai pihak yang men-deliver iklan-iklan tersebut ke situs atau blog anda.
Revenue share di atas tampaknya akan stabil dan tidak mengalami perubahan - setidaknya dalam waktu dekat. Hal tersebut secara tersirat dapat diketahui dari keterangan tambahan Neal Mohan bahwa untuk AdSense for content, ratio sakti 68:32 itu tidak pernah berubah sejak peluncuran program AdSense for content pada 2003. Demikian pula untuk AdSense for search, ratio 51:49 telah bertahan sejak 2005. Mohan mengatakan bahwa kecuali terdapat perubahan yang drastis dalaman struktur pengeluaran Google atau hal-hal lain yang mempengaruhi kemampuan finansial mereka, ke depan Google tidak mempunyai rencana untuk mengubah revenue share tersebut.
So, bagi para publisher AdSense berharaplah agar Google tetap makmur dan jaya, karena dengan demikian arus pendapatan anda dari AdSense juga tetap mengalir lancar. Sebuah simbiosis mutualisme .. :)
Berdasarkan informasi resmi revenue share tersebut, diketahui bahwa untuk kategori AdSense for content (unit-unit iklan Google yang ditampilkan pada situs publisher), publisher menerima bagi hasil 68%, dan sisanya sebanyak 32% menjadi bagian Google. Sementara untuk AdSense for search (kotak pencarian Google yang ditempatkan pada situs-situs publisher), publisher menerima 51% revenue share dan Google 49%. Terjemahan simpel dari angka-angka tersebut adalah, untuk setiap $100 nilai iklan yang terpampang di situs anda, $68 adalah milik anda, dan sisanya $32 menjadi bagian Google sebagai pihak yang men-deliver iklan-iklan tersebut ke situs atau blog anda.
Revenue share di atas tampaknya akan stabil dan tidak mengalami perubahan - setidaknya dalam waktu dekat. Hal tersebut secara tersirat dapat diketahui dari keterangan tambahan Neal Mohan bahwa untuk AdSense for content, ratio sakti 68:32 itu tidak pernah berubah sejak peluncuran program AdSense for content pada 2003. Demikian pula untuk AdSense for search, ratio 51:49 telah bertahan sejak 2005. Mohan mengatakan bahwa kecuali terdapat perubahan yang drastis dalaman struktur pengeluaran Google atau hal-hal lain yang mempengaruhi kemampuan finansial mereka, ke depan Google tidak mempunyai rencana untuk mengubah revenue share tersebut.
So, bagi para publisher AdSense berharaplah agar Google tetap makmur dan jaya, karena dengan demikian arus pendapatan anda dari AdSense juga tetap mengalir lancar. Sebuah simbiosis mutualisme .. :)
Komentar
Posting Komentar